PROSEDUR PENGADUAN

Diposting tanggal: 16 Mei 2013

SOP PENGADUAN di PENGADILAN AGAMA BENGKULU
BERDASARKAN SK MARI No. 076/KMA/SK/VI/2009
TENTANG PEDOMAN PENANGANAN PENGADUAN di LINGKUNGAN
LEMBAGA PERADILAN



Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A menerima setiap pengaduan yang di ajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis :
- Yang diajukan secara lisan bisa lewat telp (0736) 21225 yakni pada saat jam kerja mulai Pukul 08.00s/d 16.30 wib atau datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A Jl. Jend Basuki Rahmat No. 11 Kota Bengkulu

- Yang diajukan secara tertulis tahapannya sebagai berikut :
1. Menyampaikan surat sesuai yang di tunjukkan kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A dengan cara di antar langsung atau dikirim melalui facsimile (0736) 21225 atau pos ke alamat kantor di Jl. Jend Basuki Rahmat No. 11 Kota Bengkulu, bisa juga melalui emile atau website PA Bengkulu Kelas I A dengan klik (emile : pa_bengkulu@yahoo.co.id, website : www.pa-bengkulukota.go.id)
2. Pengaduan secara tertulis wajib di lengkapi foto copy identitas pelapor dan dokumen pendukung lainnya

Prosedur Pengaduan Masyarakat sebagai berikut :
1. Untuk pengaduan yang disampaikan secara langsung / lisan, maka pelapor mengisi blanko pengaduan. Adapun pengaduan yang disampaikan melalui Pos, Petugas Meja Pengaduan mencatat tanggal penerimaan pengaduan, identitas pelapor dan No Pengaduan kedalam buku register Pengaduan
2. Petugas Meja Pengaduan membuat tanda terima kepada pelapor dalam hal pelapor menyampaikan secara langsung
3. Petugas Meja Pengaduan dalam jangka 1 hari meneruskan pengaduan tersebut kepada wakil Ketua PA Bengkulu Kelas I A melalui Panitera Muda Hukum setelah di beri lembar disposisi oleh Panitera Muda Hukum yang telah menelaah kewenangan Pengaduan tersebut
4. Wakil Ketua mendiskusikan telaah Pengaduan tersebut kepada Ketua PA Bengkulu, apabila kesimpulannya, pengaduan tersebut di luar ketentuan KMA No. 076 th 2009, maka Ketua PA Bengkulu Kelas I A menunjuk Tim untuk konfirmasi dan klarifikasi
5. Apabila Pengaduan memenuhi ketentuan KMA No. 076/KMA/SK/VI/2009 maka Pengaduan tersebut di teruskan oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A kepada Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dalam jangka waktu 7 hari kerja setelah di catat oleh Panmud Hukum dalam buku Register Pengaduan


INFORMASI YANG DAPAT DIPEROLEH DI MEJA INFORMASI
PENGADILAN AGAMA BENGKULU KELAS I A
BERDASARKAN SK MARI No. 144/KMA/SK/VII/2007 dan
SK DIRJEN BADILAG NO : 0017/DJA/SK/VII/2011 Tanggal 7 JULI 2011
TENTANG PEDOMAN PELAYANAN MEJA INFORMASI DI LINGKUNGAN PERADILAN AGAMA

1. Profil Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A
2. Prosedur beracara untuk setiap jenis perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama
3. Besarnya Panjar Biaya Perkara sesuai dengan jarak radius panggilan
4. Agenda sidang, informasi tentang perkara dan persidangan
5. Putusan dan Penetapan Pengadilan Agama Bengkulu yang belum / yang telah berkekuatan hukum tetap
6. Mekanisme Pengaduan
7. Tata cara memperoleh informasi dan salinan informas
8. Informasi Program Kerja
9. Sumber dan Jumlah Anggaran DIPA
10. Memperoleh informasi tentang AKIP dan LAKIP
11. Daftar Aset dan Inventaris
12. Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa
13. Informasi tentang Pengawasan dan Disiplin Pegawai
14. Informasi tentang Organisasi, Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan Perkara



INFORMASI YANG TIDAK DAPAT DI PEROLEH DI MEJA INFORMASI
PENGADILAN AGAMA BENGKULU KELAS I A
BERDASARKAN SK DIRJEN BADILAG NO : 0017/DJA/SK/VII/2011 TANGGAL 7 JULI 2011
TENTANG PEDOMAN PELAYANAN MEJA INFORMASI DI LINGKUNGAN PERADILAN AGAMA

1. Informasi tentang Musyawarah Hakim
2. Informasi tentang Hakim dan Pegawai yang diberikan sanksi
3. DP3 atau Evaluasi Kinerja Individu Hakim atau Pegawai
4. Identitas Pelapor yang melaporkan dengan Pelanggaran Hak dan Pegawai
5. Identitas Hakim dan Pegawai yang di laporkan
6. Catatan dan Dokumen yang di peroleh dalam proses mediasi di Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A
7. Informasi yang dapat mengungkapkan identitas pihak-pihak tertentu dalam putusan atau penetapan Hakim