Seputar Peradilan

PENANDATANGANAN KESEPAKATAN KERJASAMA

DSCN7722

Selasa, 14 November 2017 di ruang Ketua Pengadilan Agama bengkulu Kelas IA telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Gabungan Organisasi Wanita Kota Bengkulu, Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil Kota Bengkulu, Pengadilan Agama Bengkulu dan Kementerian Agama Kota Bengkulu dalam rangka Isbat Nikah Terpadu guna kepemilikan Status Hukum perkawinan, penertiban Akta Perkawinan, Buku NIkah dan Akta Kelahiran bagi masyarakat Kota Bengkulu.

Nota kesepakatan ini dimaksudkan untuk mensinergikan program peran masing-masing pihak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam mewujudkan status hukum perkawinan dan kepemilikan akta kelahiran bagi masyarakat Kota Bengkulu dengan mengacu pada peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah dalam rangka penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

Nota Kesepakatan ini bertujuan untuk

  1. Meningkatkan akses terhadap pelayanan dibidang hukum
  2. Mempercepat Kepemilikan status hukum perkawinan bagi masyarakat Kota Bengkulu yang beragama islam
  3. meningkatkan efektifitas koordinasi dan kerjasama para pihak dalam pelaksanaan kepemilikan status hukum perkawinan dan kepemilikan akta keahiran bagi masyarakat Kota Bengkulu
  4. Membantu masyarakat Kota Bengkulu untuk memperoleh status hukum perkawinan dan kepemilikan akta kelahiran secara mudah, cepat  dan biaya ringan bagi masyarakat yang tidak mampu/miskin.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) ini dilakukan oleh Ketua harian Gabungan Organisasi Wanita Kota Bengkulu ibu Hj.Syafridawati Tjaja, Ketua Pengadilan Agama Kelas IA Drs. Johan Arifin, SH.,MH , Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil Kota Bengkulu Drs. H. Sudarto Widyo Saputro, M.Si dan Kepala Kementerian Agama Kota Bengkulu Dr. Mukhlisuddin,SH.,MA