Seputar Peradilan

Kunjungan kedua para peserta prajabatan CPNS/CAKIM Peradilan Agama di PA.Bengkulu

Tepat pukul 08.30 wib hari jum’at tangal 23 Maret 2018, Pengadilan Agama Bengkulu menerima kunjungan kedua kalinya oleh para peserta prajabatan cpns/cakim Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Para peserta yang terdiri dari 30 orang CPNS/CAKIM didampingi oleh 5 orang  widyaiswara  melakukan studi lapangan pendalaman materi pembelajaran yaitu : Manajemen ASN, Pelayanan Publik dan Whole of Goverment.

DSCN8586

Acara dilangsungkan di aula Pengadilan Agama Bengkulu yang dibuka oleh sekretaris PA.Bengkulu (ibu Fatihatun Nisak, S.Ag, M.H) yang kemudian diawali dengan kata sambutan dari pembimbing/ketua rombongan para peserta yang disampaikan langsung oleh Bapak Ir. Buchardy Barkah,S.Pd., M.Si, dilanjutkan kata pengarahan oleh ketua PA.Bengkulu (Bapak Drs. Johan Arifin, S.H., M.H.) yang mengharapkan kepada para peserta agar dapat mengambil pelajaran2 yang dapat membantu para calon hakim dalam melaksanakan tugasnya ditempat yang baru yang lebih utama bahwa untuk menjadi seorang hakim yang baik tidak adanya keberpihakan terhadap para pihak equal before the law dan tidak ada kepentingan-kepentingan pribadi terhadap perkara.

Selanjutnya pendalaman materi oleh Sekretaris dan Panitera untuk lebih mengenalkan kepada para peserta mengenai Manajemen ASN, Pelayanan publik dan Whole of Goverment yang diterapkan dalam pelaksanaan tugas pada Pengadilan Agama Bengkulu ini.

DSCN8594

Dalam penjelasannya ibu sekretaris PA.Bengkulu menerangkan bahwa  kita sebagai ASN/PNS merupakan pelayan bagi masyarakat yang mana pelayanan pubik ini merupakan salah satu program reformasi birokrasi dalam lingkungan Mahkamah Agung RI sedangkan dalam bidang kesekretariatan kita unsur pelayanan intern yaitu melayani kebutuhan dan keperluan para pegawainya.

Dalam pelayanan informasi di Pengadilan Agama Bengkulu ada dua informasi yaitu informasi melalui TI yaitu melalui website, SIPP dan SIWAS sedangkan yang kedua melalui manual yaitu informasi yang langsung kita berikan kepada para pihak yang datang secara langsung ke pengadilan.

DSCN8620

Selanjutnya para peserta langsung ke bagian/ruangan kesekretariatan dan kepaniteraan  dan melihat serta meminta informasi yang diperlukan ke tempat sub sub bagian yang ada.

Kegiatan ini selesai pada pukul 11.30 WIB dan hasil yang didapat akan diaplikasikan para peserta di tempat masing-masing peserta di tugaskan nantinya