Seputar Peradilan

Rabu 23 Mei 2018, tepat pukul 09.30 WIB di ruang Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Kelas IA dilaksanakan penandatanganan Kerjasama Posbakum antara Pengadilan Agama Bengkulu Kelas IA dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Swarna Bhumi Bengkulu.

Dipilihnya LKBH bantuan swarna bhumi merupakan hasil akhir setelah melalui beberapa tahapan proses lelang kedua kali mengalami kegagalan sehingga dipilih secara penunjukan langsung.

123

Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Badan Peradilan kepada para pencari keadilan yang tidak mampu secara ekonomi dan/atau tidak memiliki akses pada informasi dan konsultasi hukum yang memerlukan layanan berupa pemberian informasi, konsultasi,advis hukum, atau bantuan pembuatan gugatan/permohonan yang dibutuhkan. Ini sesuai dengan program nasional Dirjen Badilag yaitu “justice for All” yaitu prodeo (berperkara secara gratis), posbakum dan sidang keliling.

Dengan telah ditandatanganinya kerjasama antara PA. Bengkulu dan LKBH Swarna Bhumi ini Ketua PA. Bengkulu (Drs. Johan Arifin,SH.,MH) berharap agar petugas posbakum segera bertugas untuk melayani dan membantu para pencari keadilan yang kurang mampu dan membutuhkan informasi hukum secara professional atau hambatan gugatan/permohonan.

Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja Pejabat Pembuat Komitmen (Nurlaili,SH) dan Ketua LKBH Swarna Bhumi.