Seputar Peradilan

 DSCN9088

Setelah Akreditasi A Excellent, Lalu apalagi ?

Pengadilan Agama Bengkulu sebagai bagian dari entitas dari MARI telah berhasil mendapat sertifikat SAPM dengan “predikat A Excellent” dimana sertifikasi akrediasi tersebut sudah diterima di Balikpapan pada tanggal 13 Juli 2018 yang lalu. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh Pegawai PA Bengkulu yang berpartisipasi pada penjaminan mutu pelayanan,hampir setahun terakhir.

Dalam rapat umum yang dilaksanakan pada hari jumat (20/7/2018) pukul 14.00 WIB di aula PA.Bengkulu yang diikuti seluruh pegawai, ketua PA Bengkulu Bapak Johan Arifin mengapresiasi pencapaian yang berhasil dicapai namun ia menjelaskan bahwa Sertifikasi Akreditsi ini bukanlah akhir dari pencapaian, namun menjadi awal perbaikan diseluruh bidang pelayanan kepada publik.

Mengutip laporan Dirjen Badilum mewakili para Dirjen di MA pada penyerahan sertifikasi akreditasi penjamin mutu di Balikpapan menyatakan ada tiga hal yang menjadi cara untuk memelihara predikat A Excellent pertama “focus pimpinan yang berorientasi pada kemampuan mengkoordinir jalannya SAPM, kedua “focus pada manajemen proses dimana semua elemen mampu bersinergi dalam aplikasi SAPM, ketiga “focus pada pelayanan masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan tersebut.

dan juga untuk mempertahankan predikat A Excellent dilakukan dengan : pembinaan kepada pegawai secara terus menerus, survey kepuasan kepada masyarakat penerima jasa peradilan, dan inpeksi mendadak yang dilaksanakan sebagai metode pengawasan pelayanan.

Lebih jauh ketua PA Bengkulu mengarahkan agar pegawai tetap melaksanakan pelayanan sesuai SOP yang telah ada, pelaksanaan koordinasi dan peningkatan kemampuan manajerial dalam memecahkan masalah organisasi dan menghadapi tantangan kedepan jika semuanya ( seluruh pegawai) konsisten dan berkomitmen dalam pelaksanaan berorientasi pelayanan seperti yang sudah-sudah tidak menjadi hal yang sulit untuk mempertahankan prestasi yang telah kita capai pungkas ketua mengakhiri.