Seputar Peradilan

PELAKSANAAN PENYEMPURNAAN RKA-KL TAHUN 2019 DI LINGKUNGAN PERADILAN

IMG201808091649101

Tim Perencaaan Mahkamah Agung RI melaksanakan kegiatan Penyempurnaan RKA-KL Pagu Anggaran 2019 se-wilayah Hukum Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Bengkulu selama 3 hari mulai tanggal 9 s.d 11 Agustus 2019.

Kegiatan berlangsung di Aula Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang diikuti oleh 16 Satker dalam wilayah Korwil Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama se propinsi Bengkulu diantaranya Panitera, Sekretaris, Kasub Perencaan dan Operator RKA-KL.

Dibuka pada hari Kamis tanggal 9 Agustus 2018 pada pukul 16.00 WIB diawali kata sambutan dari Ketua Rombongan Tim Penyempurnaan anggaran yaitu Bapak Kabag Perencanaan MARI (Bapak Ibrahim), dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa pagu sekarang bukan pagu usulan awal dari MARI kepada Kementerian keuangan dan Bappenas, usulan yang merupakan rangkuman dari seluruh satker dalam 4 lingkungan peradilan Mahkamah Agung lebih kurang Rp. 13.382. triliun tetapi pagu yang turun untuk Mahkamah Agung hanya sebesar lebih kurang Rp. 8.276. triliun yang mana untuk gaji pegawai sekitar lebih kurang 6 triliunan, untuk operasional sekitar kurang lebih 1 triliunan dan untuk belanja modal hanya sekitar lebih kurang Rp. 560 milyar. Inilah pagu anggaran yang akan dikelola dalam tahun 2019 yang akan datang.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu memberikan apresiasi atas kegiatan ini dan beliau juga menyampaikan  dalam perencanaan pagu anggaran rkakl 2019 harus memperhatikan skala prioritas kebutuhan di satker dan beliau menekankan dalam perencanaan harus memperhatikan prinsip manajemen yaitu planning (perencanaan), Organizing (organisasi), Actuating (pelaksanaan) dan controlling (Pengawasan).  

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penyusunan penyempuran RKA-KL oleh masing-masing satker sampai selesai kegiatan ini tepat hari jum’at tanggal 10 Agustus 2018 dengan diakhiri acara penutupan tepat pada pukul 17.00 WIB.

Dalam acara penutupan ini alhamdulillah penyusunan ini sudah selesai mencapai 95 %  dan juga menurut pak ibrahim usulan-usulan susulan yang ada akan tetap direkap dan menjadi bahan laporan untuk bahan perrtimbangan para tim selanjutnya.

Kegiatan ini ditutup langsung oleh Plh. Ketua PTA.Bengkulu Bapak Drs. H. Sudirman Cik Ani, S.H. menurut beliau penyusunan anggaran ini merupakan kesejahteraan hidup kita (satker) untuk tahun depan dan untuk dilaksanakan sesuai dengan dana yang ada. Akhirnya dengan ucapan terima kasih dan selamat jalan, selamat sampai tujuan kepada para tim dan para peserta, acara ditutup dengan ucapan lafaz Hamdalah.