Seputar Peradilan

PERINGATAN ULANG TAHUN MARI ke 73 di KOTA BENGKULU

HUT MA 1 2018

Minggu, 19 Agustus 2018 Mahkamah Agung RI sudah 73 tahun ikut berperan serta dalam pembangunan bangsa di negara Repubik Indnesia ini terutama dalam bidang yudikatif .

Peringatan hari jadi Mahkamah Agung yang ke 73 ini dilakukannya upacara yang bertempat di Pengadilan Tinggi Bengkulu tepat pukul 07.30 WIB dengan peserta upacara seluruh Pimpinan, Hakim, Panitera, Sekretaris, staf, honorer serta Dharmayukti Karini dari seluruh Peradilan dalam wilayah Bengkulu dan wilayah seluma (PT.Bengkulu, PTA.Bengkulu, PN. Bengkulu, PA.Bengkulu, PTUN. Bengkulu dan PN. Tais) dan dalam peringatan hari jadi MARI yang ke 73 ini dilaksanakan dengan nuansa berbeda yaitu menggunakan pakaian olahraga.

Dalam amanatnya Ketua PT. Bengkulu ( Bapak H. Wahjono) membacakan sambutan dari Ketua Mahkamah Agung RI Bapak Muhammad Hatta Ali yang pada intinya “menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga peradilan dari sabang sampai merauke yang telah bekerja keras dengan penuh kesungguhan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya serta senantiasa menciptakan inovasi-inovasi bagi kemajuan dunia peradilan sebagai bentuk upaya badan peradilan yang agung.

Lebih lanjut Ketua MARI juga mendorong untuk pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Penerapan teknologi informasi ini diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi, ketepatan dan keandalan dengan telah diterbitkannya perma Nomor 3 Taun 2018 tentang administrasi perkara di Pengadilan secara Elektronik.

Selanjutnya dengan semua upaya yang telah kita lakukan dalam mendukung reformasi lembaga peradilan khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi oleh lembaga peradilan di Indonesia, maka dalam momentum hari jadi Mahkamah Agung ke 73 ini, saya canangkan “ERA BARU PERADAILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI”. Saya berharap bahwa di era ini seluruh warga peradilan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi informasi sehingga lebih adaptif dengan sistem elektronik yang ada untuk menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi niat dan kerja keras dari kita semua. Aamiin  “sebagai ucapan penutup dari Sambutan Ketua MARI”

Kegiatan upacara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Bapak M. Sahri (Hakim PA.Bengkulu), dan kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama, pemotongan tumpeng serta kegiatan tanding volly ball yang mana Alhamdulillah PA. Bengkulu mendapat juara 2..

~~Pimpinan dan Seluruh Karyawan/ti PA.BENGKULU Mengucapkan Selamat hari jadi Mahkamah Agung RI ke 73~~