Seputar Peradilan

PA.Bengkulu Gelar kegiatan bedah berkas sekaligus pembinaan oleh Waka PTA.Bengkulu

bedah berkas 2019

Jumat, 1 November 2019, Pengadilan Agama Bengkulu Kelas I A mengggelar kegiatan bedah berkas yang juga dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi Pengawas Daerah, Panitera dan Panmud  Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, yang bertempat di Ruang Aula PA.Bengkulucara dan dihaadiri oleh seluruh pegawai PA.Bengkulu dari Hakim sampai petugas resepsionis.

Acara bedah berkas dilaksanakan pada pukul 08.00 hingga Selesai. Diawali dengan melakukan penelusuran terhadap Map minutasi, penerimaan para pihak yang datang ke meja resepsionis,  penjelasan dan tuntunan dari petugas meja informasi hingga perkara tersebut memperoleh penetapan hari sidang. Tahapan yang dikerjakan  tersebut harus sesuai dan berpedoman dan mengacu pada buku pedoman pelaksanaan Tugas dan Administrasi Pengadilan Agama (Buku II) menurut Ketua PTA.Bengkulu.

bedah berkas 1 nov 2019

Maksud dan tujuan dilaksanakannya bedah berkas tersebut juga ingin mengetahui sejauh mana pemahaman para petugas terkait atas penanganan suatu perkara mulai dari petugas  penerima perkara hingga perkara itu memperoleh putusan dari Majelis Hakim, dan juga membedah berkas yang masih ada kesalahan kita cari kebenaran dan mencari solusi untuk pembenarannya serta kedepannya agar tidak terjadi lagi kesalahan.

Kegiatan bedah berkas ini tidak hanya satu hari kegiatan saja tetapi perlu dilanjutkan di lain waktu menurut Ketua PTA.Bengkulu Bapak DR. H. Pelmizar, M.H.I. sambil menutup kegiatan bedah berkas season pertama, dan akan dilanjutkan pukul 13.oo WIB setelah sholat jum’at oleh Wakil Ketua PTA.Bengkulu Bapak DR. Abdul Hakim, M.H.I. dengan agenda pembinaan dan mencari solusi pemecahan kesalahan berkas yang telah dibedah oleh Ketua PTA.Bengkulu.