SOSIALISASI 9 APLIKASI INOVASI BADILAG DI WILAYAH PTA.BENGKULU

Selasa, 19 November 2019 bertempat di aula PTA.Bengkulu diadakan kegiatan Sosialisasi  9 Aplikasi unggulan Ditjen Badilag untuk seluruh aparatur yang diikuti oleh Pimpinan dan tim IT dari PTA dan PA sewilayah PTA.Bengkulu.

sosiliasi 9 aplikasi dipta1.jpg

Dalam kegiatan ini PA.Bengkulu mengikut sertakan pimpinan dan beberapa orang pegawai dan tenaga IT yang langsung terkait dengan pengimplementasian 9 Aplikasi unggulan dirjen badilag dimaksud, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni 19 dan 20 November 2019 yang langsung disosialisasikan oleh IT Badilag Bapak Aulia Sautra dan dipimpin dan dibuka oleh Wakil Ketua PTA.Bengkulu Bapak Dr. Abd. Hakim, M.H.I.

Dalam sambutannya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu mengharapkan adanya kerjasama antara Kepaniteraan dan Kesekretariatan terkait implementasi 9 Aplikasi unggulan Badilag dimaksud dan semua aparatur di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu harus mengetahui aplikasi berikut penggunaan dan implementasinya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dalam rangka mewujudkan peradilan yang agung. Adapun 9 (sembilan) aplikasi unggulan Badilagtersebut yakni  terdiri dari Aplikasi Notifikasi Perkara,  Aplikasi Informasi Produk Pengadilan, Aplikasi Antrian Sidang, Aplikasi Basis Data Terpadu Kemiskinan, Aplikasi Command Center, Aplikasi PNBP fungsional, Aplikasi e-Eksaminasi Perkara, Aplikasi e-Register Perkara dan Aplikasi e-Keuangan Perkara.

sosialiasi 9 aplikasi dipta2.jpg
sosialisasi 9 aplikasi dipta4.jpg

 

Dalam 2 hari kegiatan tersebut yang langsung dipandu oleh Bapak Aulia (IT Badilag) dilakukan  simulasi penggunaan alat, pemaparan langsung melalui projector serta menjelaskan syarat yang harus dipenuhi, cara akses, login aplikasi dan juga fitur-fitur yang ada pada masing-masing aplikasi serta diadakan diskusi-diskusi terkait penggunaan aplikasi sehingga peserta kegiatan sosialisasi dapat memahami secara umum tentang implementasi aplikasi serta tindak lanjut terhadap kendala saat proses ujicoba, baik yang terkait operasional maupun sistem aplikasi.

Selanjutnya harapan besar bagi PA-PA dalam wilayah PTA.Bengkulu dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut dalam pelaksanaan tufoksinya sehari-hari.