PUBLIC CAMPAIGN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN (SMAP)
KEPADA MASYARAKAT PENCARI KEADILAN
PADA PENGADILAN AGAMA BENGKULU
Bengkulu//: Senin, 04 Agutus 2025. Hampir setiap hari Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Drs. Arinal, M.H. terus melakukan Public Campaing akan Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyapan (SMAP) kepada Masyarakat Pencari Keadilan di ruang tunggu terbuka dan juga diruang tunggu persidangan Pengadilan Agama Bengkulu, sebelum proses sidang berlangsung pukul 09.00 WIB, semua ini dilakukan Ketua, sebagai bukti komitmen nyata, bahwa Pengadilan Agama Bengkulu sangat serius, ingin memenuhi Maklumat Pelayanan yang telah ditetapkan, yakni Menyelenggarakan Pelayanan Publik Yang Prima sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan, dan berkomitmen selalu mengadakan perbaikan pelayanan, secara terus menerus. apabila tidak menepati janji sesuai standar yang ditetapkan, kami siap menerima sangksi, sesuai peraturan yang berlaku dengan Visi: “Kita Wujudkan Pengadilan Agama Bengkulu Yang Agung dan Modern”;
Kegiatan Public Campaing SMAP ini dilakukan, agar Masyarakat mengetahui bahwa di Pengadilan Agama Bengkulu sudah tidak ada suap menyuap, pungli, tidak menerima ucapan terima kasih dalam bentuk apapun juga tidak menerima hadiah/gratifikasi, sejak dari awal pendaftaran perkara sampai putusan, semua pembayaran adalah sesuai dengan panjar biaya perkara berdasar SK Ketua Pengadilan Agama Bengkulu, hal ini dilakukan utk Mitigasi Resiko apabila ada aparatur PA Bn yang berbuat di luar Pengawasan Pimpinan;
Tujuan Ketua Pengadilan Agama Bengkulu yang telah menerapkan SMAP dalam memberikan pelayanan dan diharapkan melakukan sosialisasi atau Public Campaing SMAP ini guna mendorong partisipasi publik, tentang adanya persepsi negative masyarakat akan pelayanan di Pengadilan Agama Bengkulu.
Atas penyampaian Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Drs. Arinal, M.H. tersebut, Masyarakat menilai bahwa pelayanan yang telah diberikan oleh petugas layanan Pengadilan Agama Bengkulu, sudah sangat bagus dan mereka merasa puas karena telah dilayani dengan baik;