PERSIAPAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM PADA PERADILAN AGAMA

Selasa, 21 Juli 2020 para pimpinan Pengadilan Agama Bengkulu Kelas 1A (Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris) ikut serta dalam kegiatan live streaming yang diadakan oleh badilag berdasarkan surat 2640/DJA/HM.00/7/20 dalam rangka persiapan evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Lingkungan Peradilan Agama. Narasumber sendiri berasal dari Auditor Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik indonesia.

Virtual Meeting Badilag

Bapak Feri selaku Tim ZI Badan Pengawasan MA RI menyampaikan beberapa pedoman evaluasi dan penilaian atas Pembangunan Zona Integritas:

  1. Pertimbangan Profesional
  2. Penilaian terhadap inovasi pelayanan
  3. Survey Eksternal
  4. Penilaian Role Model
  5. Pengujian atas pemahaman aparatur terkait pelaksanaan
  6. Integritas data dukung APM Reformasi-Birokrasi-Zona Integritas
  7. Pastikan proses bisnis Pelayanan berjalan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan

Teknis penilaian sendiri menggunakan media digital yakninya melalui web satuan kerja masing-masing. Diharapkan untuk tiap satuan kerja untuk selalu memonitoring web agar memudahkan auditor dalam melakukan penilaian.

Virtual Meeting Badilag 2

Salah satu yang masih salah presepsi tiap pengadilan adalah pemilihan role model. Role Model sendiri bukan merupakan ajang pemberian reward, namun agen perubahan itu sendiri merupakan motor penggerak untuk memunculkan inovasi yang ditunjukan dengan rencana aksi dan merupakan wajah dari budaya kerja dari tiap satuan kerja masing-masing, yang mana pemilihan role model merupakan proses dalam pembangunan Zona Integritas