Selamat datang di website resmi pengadilan agama bengkulu kelas 1A   Click to listen highlighted text! Selamat datang di website resmi pengadilan agama bengkulu kelas 1A Powered By GSpeech

RAPAT DINAS BULAN JUNI 2024

PENGADILAN AGAMA BENGKULU

ketua 1 

PA BENGKULU// Guna peningkatan kinerja, maka perlu dilakukan Monitoring dan Evaluasi Kinerja dari masing-masing bagian, Sehingga Setiap bulan diagendakan dan ini merupakan  salah satu program rutin Pengadilan Agama Bengkulu dalam mengukur kinerja melalui rapat dinas rutin dan Sekaligus Pembinaan langsung dari Ketua, Kamis  06 Juni 2024 di Aula Sidang Utama Pengadilan Agama Bengkulu. Pengantar rapat  oleh Sekretaris Sisli Rudi, S.H., M.H dan rapat langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Drs. H. Asrori, S.H., M.H dan didampingi Wakil Ketua  H. Ahmad Mus'id Yahya Qadir, Lc., M.H.I.dan Drs. Efendi Panitera, Rapat diikut seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkulu. 

ketua 2 

Dalam rapat ini menyampaikan beberapa hal yakni, dalam struktur kepemimpinan iitu ada peranan masing di tiap bagian ada top leader,middle leader, low leader jadi tiap masing memiliki peranannya dalam koordinasi jadi untuk saling menjalankan tugasnya, selanjutnya bapak ketua meminta untuk bapak bapak Sisli Rudi.S.H.,M.H. menyampaiakan laporan bagian kesekretariatan, baliau menyampaikan untuk absen online tetap harus diperhatikan waktu dan tempatnya  untuk ditingkatkan lagi kedisiplinan, apabila ada rapat atau acara-acara penting untuk tidak ada lagi yang terlambat, dan saat ini pengadilan agama Bengkulu telah melakukan beberapa renovasi diantaranya , ruang ketua, ruang wakil, ruang hakim, ruang sekretaris, ruang panitera dan ruang mediasi,, dan saat ini realisasi anggaran dipa 01 sudah berjalan 45,5 %, realisasi anggaran dipa 04 sudah berjalan 35,55 % dan untuk persiapan pemotongan hewan Qurban sudah dibentuk panitia pelaksanaanya nanti di harapkan bisa berjalan sukses seperti tahun tahun sebelumnya.

ketua 5 ketua 6 

Dalam sambutannya Ketua menyampaikan :

  1. Bahwa evaluasi bulan lalu merupakan catatan untuk perbaikan kedepannya.
  2. Mindset/culture set/budaya kerja mari kita rubah, biasakan tepat waktu, disiplin waktu
  3. Tiga tingkatan dalam Manajemen Organisasi :
    1. Top Leader

        Berada di tingkat pertama, top level management menjalankan kepemimpinan konseptual sehingga mengawasi semua yang yang ada di bawahnya. Top level management di suatu Organisasi tidak terlibat dalam penanganan aspek teknis sehari-hari dari Organisasi. Namun, tugas utama mereka adalah merumuskan rencana, strategi, dan kebijakan. Dan pemikiran Top Leader diterjemahkan oleh Middle Leader.

  1. Middle Leader

        Middle level management berada di tengah struktur Organisasi dan bertanggung jawab kepada top level managementMiddle level management mengimplementasikan kebijakan atas ke dalam rencana strategis, seperti merumuskan target yang spesifik dan konkret. Middle level management harus memiliki keahlian operasional yang kuat dalam mengelola Organisasi.

c.   Lower Leader

Tingkatan ini berada di struktur paling bawah, sehingga  memberikan pengawasan serta arahan kepada pekerja dalam aktivitas operasional Organisasi.

 

Selanjutnya penyampaian laporan dari Sekretaris yang pada pokonya menyampaikan

  1. Peningkatan disiplin melalui absen online dan absen manual dan pembinaan kepada para pegawai yg kurang disiplin
  2. Penguatan Akuntabilitas kinjerja melalui rapat rutin bagian kesekretariatan dan para Jafung
  3. Update dokumen LKE AKIP 2023
  4. Persiapan update dokumen terkait dengan HATIBINWASDA
  5. Renovasi ruangan Ketua, Wakil, Hakim, Panitera, Sekretaris serta Media Center
  6. LRA DIPA 01 35,33   %
  7. LRA DIPA 04 45,45 %
  8. Tindak lanjut dari customer list (data responden eksternal) yang dimintakan oleh Mahkamah Agung terkait Penilaian Integritas 2024
  9. Persiapkan acara Pelantikan Hakim.
  10. Untuk bagian Umum segera menginventarisasi barang-barang rusak berat  untuk segera dilakukan
  11. penghapusan, Daftar Barang Ruangan selalu di update menyesuaian SIMAN versi 2

Untuk bagian PTIP inventaris kebutuhan untuk segera diajukan melalui usulan anggaran

ketua 4 

Kemudian dilanjutkan penyampaian laporan  Panitera pada kesempatan ini Panitera pada pokoknya menyampaikan :

  1. Laporan perkara yang putus dan penerimaan perkara dari bulan Januari – Mei 2024
  2. Laporan terkait dengan perkara e-court
  3. Laporan terkait dengan terkait Gugatan Mandiri
  4. Laporan terkait dengan Pemanggilan melalui Surat tercatat (POS)
  5. Laporan Mediasi
  6. Upaya Hukum Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali secara elektronik

Selanjut Pembinan Wakil Ketua Wakil Ketua mengenai

  1. Evaluasi Zona Integritas tetap akan dilakukan
  2. Ada permasalahan yang timbul untuk segera di cari solusinya melalui komunikasi dan koordinasi.
  3. Ada hal-hal yang wajib harus diikuti seperti rapat, apel karena ada hal hal penting yang harus disampaikan, dan kebiasaan yang selama ini tidak disilin, sebenarnya bisa dirubah asal ada kemauan dari diri kita sendiri
  4. Peningkatan prestasi di PA Bengkulu dibutuhkan kerjasama seluruh stakeholder yang ada.
  5. Kita sebagai aparatur Mahkamah Agung RI sudah jelas aturan yang dikeluargakan Mahkamah Agung dalam bekerja seperti tertuang dalam PERMA Nomor 7, 8 dan 9 Tahun 2016, Maklumat Mahkamah Agung Nomor : 860/SEK/PS.00/09/2017 tanggal 13 September 2017, KMA nomor 069/KMA/SK/V/2009 tanggal 13 Mei 2009, Peraturan Bersama MA dan KY Nomor 02/PB/MA/IX/2012 dan Nomor 02/PB/P.KY/09/2012 dan masih banyak peraturan lainnya yang menjadi dasar kita dalam bekerja.

Dengan adanya rapat rutin  monitoring dan evaluasi setiap bulan ini, merupakan salah satu wujud akuntabilitas kinerja yang yang dapat dipertanggungjawabkan, guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada apatur Pengadilan Agama Bengkulu khususnya dan masyarakat pada umumnya.